PORFIL STIT AL-KHAIRIYAH CILEGON
- Sejarah Lahirnya STIT Al-Khairiyah Cilegon
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Khairiyah yang berdiri sejak tanggal 22 Juni 2006 berdasarkan SK Dirjend Pendidikan Agama Islam No. Dj. II/196/06 dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Kemudian pada tahun 2008 dilakukan perpanjangan ijin melalui Nomor : Dj.1/385/08, dan terakreditasi pada Tahun 2016 dengan Nomor: 2360/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 dan pada tahun 2022 dilakukan perpanjangan ijin dengan No. 376/SK/BAN-PT/Ak.PT/S/V/2023 kehadiran STIT Al-Khairiyah merupakan ikhtiar kolektif dari para Pengurus Besar Al-Khairiyah untuk menghadirkan sebuah Pendidikan Tinggi berbasis Agama dilingkungan Perguruan Al-Khairiyah. Dimana sebelumnya Perguruan Al-Khairiyah selama hampir 90 Tahun konsisten dalam pendidikan agama pada tingkat dasar dan menengah melalui program pendidikan berbasis Pesantren.
STIT Al-Khairiyah Cilegon didirikan dengan semangat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan Nasional sebagaimana tercantum dalam Tujuan Negara Republik ini didirikan, yaitu ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Seiring dengan semangat otonomi daerah, maka Perguruan Al-Khairiyah yang telah memiliki pengalaman panjang dalam mengelola pendidikan berbasis Agama, mencoba menghadirkan suatu system pendidikan tinggi modern yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat kota Cilegon pada khususnya dan Banten pada umumnya.
Maka tahun 2021 di mulailah perintisan besar dari perguruan Al-Khairiyah untuk mendirikan Universitas Al-Khairiyah yang didalamnya terdapat Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi Bisnis. Namun karena banyaknya kendala-kendala teknis yang dihadapi, akhirnya lompatan besar menuju terwujudnya STIT Al-Khairiyah untuk bergabung dengan Universitas Al-Khairiyah masih dalam proses panjang yang tak kunjung datang realisasinya. Sebelum terbentuknya STIT Al-Khairiyah Cilegon, ide dasar yang mendorong adalah terbentuknya STAI Al-Khairiyah Cilegon yang dapat mengakomodir lebih banyak program studi. Namun karena kebijakan pemerintah cq. Departemen Agama tidak mengizinkan Pendirian STAI Al-Khairiyah, maka dibentuklah STIT Al-Khairiyah Cilegon.
Saat ini STIT Al-Khairiyah mengelola dua Prodi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). perkembangan jumlah mahasiswa STIT Al-Khairiyah dari Tahun ketahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan mendapatkan animo yang sangat besar dari masyarakat pendidik di Kota Cilegon. Sampai akhirnya penyusunan berkas Akreditasi ini adalah bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas Perguruan Tinggi STIT Al-Khairiyah Cilegon terlepas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Lembaga secara keseluruhan.
2. Visi dan Misi Lembaga
a. VISI Program Studi (Prodi)
“Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang mampu menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dan berkarakter pada tahun 2023 di Banten”.
b. MISI Program Studi (Prodi)
- Menegakkan syariat Islam melalui pendidikan agama Islam yang Komperhensif
- Mengembangkan pendidikan berbasis keislaman, pengetahuan, tekhnologi dan seni.
- Mengembangkan budaya ijtihad penelitian dalam pengembangan pendidikan Agama Islam
- Meningkatkan peran serta sekolah tinggi dalam bidang pendidikan, kebudayaan nasional, dan peradaban.
- Meningkatkan kerja sama denga berbagai pihak sebagai perwujudan tridarma perguruan tinggi terutama di bidang pendidikan.
- Memperkokoh komitmen keislaman, dan keindonesiaan
- menyelengagarakan misi tridarma perguruan tinggi secara konsisten sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
- membangun kehidupan kampus (atmospire academic) yang sehat, dan berkarakter Islami
3. Struktur Organisasi
Adapun struktur organisasi pada STIT Al-Khairiyah adalah sebagai berikut :
Ketua STIT Al-Khairiyah : Dr. H. Ahmad Juhaeni, MM. M.Pd.
Wakil Ketua I : Hj. Bahyati, M.Pd
Wakil Ketua II : Hj Eti Shobariyah, M.Pd.
Ka. Prodi PAI : Ahmad Suhaili, M.Pd.
SekProdi PAI : Mapatih, M.Pd.I
Ka. Prodi PIAUD :Dr. Hj. Sholatul Hayati, M.Pd
SekProdi PIAUD : Humaidi, M.Pd.I
Ka. BAAK : Sururul Murtadlo, M.Pd
Ka. LPM : Achmad Anas Nasrullah, M.Pd

Gambar Struktur STIT Al-Khairiyah
4. DATA DOSEN & STAFF, DAN MAHASISWA STIT AL-KHAIRIYAH
Data Dosen & Staff
Julmlah Dosen STIT Al-Khairiyah saat ini berjumlah
Dosen Tetap : 25 Dosen
Staff STIT : 10 Orang
- Data Mahasiswa STIT Al-Khairiyah
Saat ini Jumlah keseluruhan Mahasiswa STIT Al-Khairiyah yang aktif berjumlah 1.356 Mahasiswa dari dua prodi PAI & PIAUD.
- INFORMASI SARANA PRASARANA
- Jumlah Sarana dan Prasarana yang ada pada STIT Al-Khairiyah
No | Keterangan | Jumlah |
1 | Ruang Kuliah | 11 |
2 | Ruang Administrasi | 1 |
3 | Ruang Pimpinan/Rektor/Ketua | 4 |
4 | Ruang Lab. Komputer | 1 |
5 | Ruang Micro Teaching | 1 |
6 | Ruang Perpustakaan | 2 |
7 | Ruang Dosen | 2 |
8 | Ruang Tata Usaha | 1 |
9 | Ruang DEMA/SEMA | 1 |
10 | Kantin | 1 |
11 | Tempat Ibadah | 1 |
12 | Tempat Olahraga/dan Kreasi | 5 |
13 | Toilet/WC/MCK | 12 |
14 | Ruang Lain Untuk Menunjang Proses Pembelajaran | 2 |
15 | Meubeler Kantor | 15 |
16 | Meubeler Kuliah | 185 |
17 | Peralatan Kantor | 14 jenis |
18 | Peralatan Laboratorium | 6 Jenis |
19 | Peralatan Perpustakaan | 6 jenis |
20 | Peralatan Pusat Komputer | 5 jenis |
21 | Perlengkapan lain untuk menunjang proses pembelajaran | 12 |
- Website, aplikasi, jurnal apa saja yang dimiliki STIT A-Khairiyah
No. | Keterangan | Link alamat Web/Aplikasi |
1 | Website | www.stitalkhairiyah.ac.id |
2 | Jurnal | ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/ |
3 | Sistem Informasi Akademik (aplikasi apa saja yg digunakan) | https://stitalkhairiyah.siakadcloud.com/ |
5. TUJUAN, SASARAN & STRATEGI
- TUJUAN
Tujuan atau objektif, adalah deskripsi yang lebih spesifik untuk mencapai misi yang ditetapkan. Tujuan STIT Al-Khairiyah meliputi :
- Tersedianya wadah pendidikan tinggi yang inovatif dan berorientasi pada kearifan lokal dengan lulusan berdaya saing tinggi melalui penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi.
- Terbangunnya interaksi yang harmonis antara perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat (pemangku kepentingan) melalui kerjasama dan kemitraan dengan optimalisasi sumberdaya yang ada di STIT untuk peningkatan akses dan income generating STIT serta taraf dan kualitas hidup masyarakat.
- Terwujudnya STIT sebagai lembaga pendidikan tinggi yang otonom dan akuntabel dalam menjalankan fungsi-fungsi institusi yang efektif dan efisien untuk peningkatan kemandirian STIT Tujuan tersebut juga memberikan landasan dan arah bagi semua program strategis, program dan kegiatan yang direncanakan dalam lembaga serta unit-unit internalnya, secara khusus pada proses; perencanaan, pelaksanaan, pengukuran serta pengendalian kegiatan-kegiatan akademik dan lainnya. Keseluruhan deskripsi ini semata-mata ditujukan untuk mewujudkan Visi STIT yang telah ditetapkan
- SASARAN
Dari pernyataan tujuan di atas, disusunlah rumusan sasaran yang hendak dicapai STIT Al-Khairiyah, sebagai berikut:
- Meningkatnya kualitas dan kuantitas produk layanan pada bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian dengan standar pelaksanaan terukur, terutama pada tahapan, masukan, proses, luaran dan dampak.
- Meningkatnya citra STIT sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berwibawa dan mendapatkan kepercayaan dan pengakuan masyarakat melalui kemampuan inovasi dan daya saing yang tinggi, dicirikan dengan pengakuan lembaga akreditasi dan pemeringkat institusi,
- Meningkatnya interaksi antara STIT dengan pemangku kepentingan melalui kerjasama dan kemitraan untuk peningkatan akses dan incoming generating melalui kegiatan penggalangan dan perluasan kegiatan, sekaligus untuk peningkatan taraf dan kualitas hidup masyarakat yang terlibat di dalamnya.
- STRATEGI
Strategi pengembangan STIT Al-Khairiyah untuk tahun 2022-2024 disusun untuk memberikan arahan serta pedoman bagi semua unit kerja penyelenggara pendidikan terkait dengan cara bagaimana mencapai sasaran strategis yang ditetapkan. Strategi merupakan upaya secara sistematis untuk tercapainya tujuan strategis yang telah ditetapkan melalui sasaran strategis dari tujuan strategis. Masing-masing strategi menjelaskan komponen penyelenggaraan layanan yang harus tersedia agar tercapainya sasaran-sasaran strategis dari tiap tujuan, sebagai berikut:
- Meningkatkan mutu penyelenggaraan program pendidikan, kualitas penyelenggaraan penelitian, dan kualitas penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat..
- Mengembangkan pencitraan STIT sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berwibawa dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dengan kemampuan inovasi dan memiliki daya saing tinggi yang dicirikan melalui standar pengakuan nasional dan internasional.
- Meningkatkan kerjasama dan kemitraan melalui optimalisasi sumberdaya untuk peningkatan akses, serta peningkatan taraf dan kualitas hidup masyarakat berdasarkan pola insentif untuk pemangku kepentingan
Cilegon, 17 Maret 2023 |
Ketua STIT Al-Khairiyah Cilegon Dr. H. Achmad Juhaeni, M.Pd., MM NIDN. 2121077404 |