Kemenag RI akan Seleksi Hasil Penelitian Terbaik Para Dosen PTKI

By Sayuti Zakaria 03 Des 2019, 11:38:04 WIB Komunitas
Kemenag RI akan Seleksi Hasil Penelitian Terbaik Para Dosen PTKI

(Kemenag, Bandung) Dalam rangka diseminasi dan promosi produk penelitian unggulan yang didanai dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) baik bersumber DIPA Satker PTKIN maupun Direktorat PTKI Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menggelar konferensi hasil penelitian, direncanakan setiap dua tahun sekali dengan tajuk Biannual Conference on Research Result. Kegiatan ini rencananya akan menyeleksi hasil penelitian terbaik disertai dengan pemberian penghargaan untuk para peneliti terbaiknya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

 

Kegiatan seminar dan pemberian penghargaan hasil penelitian secara nasional ini akan diadakan di Bandung bekerja sama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai pelaksananya, direncanakan pada tanggal 3-5 Desember 2019. Terdapat klaster-klaster khusus dan tema-tema penelitian yang akan diseleksi dari setiap PTKI yaitu, Kajian Islam murni (tafaquh fiddin), Integrasi Keilmuan, Moderasi Beragama, Sosial Humaniora, dan Sains/Teknologi.

Hal itu terungkap pada saat Acara Persiapan Biannual Conference on Research Result yang di selenggarakan pada hari Jumat-Sabtu, 08-09 Nopember 2019, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Sumedang.

 

Acara persiapan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan sebaik-baiknya. Kegiatan ini dihadiri Prof. M. Arskal Salim GP., Ph.D., (Direktur PTKI Ditjen Pendidikan Islam), Dr. Suwendi, M.Ag., (Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat PTKI), Dr. Mahrus, M.Ag., (Kasi Penelitian dan Pengelolaan HKI Direktorat PTKI), Iwan Yusuf, M.A. (Kasi Publikasi Ilmiah Direktorat PTKI), Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., (Wakil Rektor I UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Dr. H. Ahmad Lutfi, MM. (Kepala Biro AUPK UIN Sunan Gunung Djati), Dr. Husnul Qodim, MA. (Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Dalam arahannya, Direktur PTKI, Prof. Arskal Salim menyampaikan, “Selama ini hasil penelitian PTKI sangat bermanfaat, terpublikasi di jurnal, namun jarang terungkap ke publik, mana sih hasil penelitian terbaik dari setiap PTKI untuk masyarakat luas.”

Suwendi, menambahkan “Jika waktunya memungkinkan, kegiatan ini sebaiknya juga melibatkan stakeholder dengan menghadirkan pemangku kepentingan seperti pemerintah Daerah, dunia industri, kementerian terkait dan masyarakat pengguna. Diharapkan dengan menghadirkan stakeholder, hasil penelitian bisa langsung dapat

dimanfaatkan. Selain itu juga bisa mendapatkan saran dan masukan untuk tindakan berikutnya.” (Diktis.kemenag.go.id)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment